Manfaat memakai bengkung pasca melahirkan

Bengkung atau korset merupakan kain panjang dengan ukuran beragam dan bisanya dipakai setelah menjalani proses persalinan.
Untuk cara pakainya, biasanya disesuaikan sesuai proses persalinan( normal/cesar )sehingga proses pemulihan pasca melahirkan dapat berjalan maksimal karena menggunakan bengkung ibarat menekan luka agar diam dan itu bisa membantu proses penutupan luka.
Menurut ahli bidang ginekologi, penggunaan bengkung dikembalikan kepada mom jika itu membuat rasa nyaman maka silahkan di pergunakan.

Saran penggunaan bengkung

Pemakaian bengkung biasanya dilakukan dengan bantuan orang lain karena biar melilit kencang.
Manfaat memakai bengkung pasca melahirkan
Memakai Bengkung
Untuk mom yang menjalani persalinan normal, penggunaan bengkung
disarankan setelah 2 hari pasca melahirkan dengan catatan tidak ada keluhan jahitan di area kewanitaan. Tapi jika proses persalinan lewat operasi sesar, bengkung baru boleh digunakan setelah lepas plester dengan catatan apakah jahitan operasi sudah kering.
Bagi mom yang menjalani operasi cesar sebaiknya memasang bengkung dimulai dari bagian bawah luka operasi kira-kira setinggi panggul sampai sedikit di atas pusar, jangan terlalu tinggi karena di situ ada lambung dan paru-paru. Sedangkan bagi mom yang bersalin normal, pemakaian bengkung dimaksudkan agar aktifitas seperti duduk jadi rapat teratur karena hal ini baik untuk pemulihan luka. Penggunaan bengkung sebaiknya di lakukan selama 90 hari (saat tidur sebaiknya di buka) karena selain bermanfaat untuk pemulihan, ada juga manfaat lain yang sebentar lagi bisa mom ketahui.

Manfaat dari memakai bengkung

Setelah menjalani proses persalinan, bentuk fisik seseorang tentu mengalami perubahan bentuk seperti perut yang merasa kendur, bergelambir atau juga merasakan sesuatu yang tidak nyaman di rongga perut. Untuk mengatasi itu semua, melilitkan kain atau bekung adalah cara turun-temurun yang di anjurkan oleh orang tua kita, dan berikut manfaat bengkung yang bisa mom ketahui dengan lengkap.
  • Melatih otot perut agar proses pengencangan kembali berjalan lebih cepat.
  • Membuat terlihat jauh lebih ramping atau langsing.
  • Mengencangkan perut yang buncit.
  • Membuat agar terlihat lebih seksi dan menarik.
  • Menahan agar perut tidak kendur.
  • Mengembalikan rahim pada ukuran semula.
  • Membantu pengecilan perut dan rahim.
  • Menghindari peregangan pinggul akibat peregangan saat hamil sehingga setelah memakai gurita dan stagen bis ramping kembali.
  • Membantu menghilangkan nyeri punggung.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Membantu proses menyusui.
  • Mencegah makan lebih banyak.
  • membuang angin dalam rongga perut sehingga membuat perut terasa nyaman.
Banyak orang punya mitos menggunakan bengkung dan gurita tidak ada gunanya, tapi itu salah besar.
Ratusan bahkan ribuan wanita mengeluh dan menyesali akibat dia tidak menggunakan bengkung setelah melahirkan. Sehingga walaupun berat badannya kembali normal, tapi perut dan pinggul tetap melar bahkan organ intimnya-pun ikut menjadi melar.
Manfaat menggunakan korset setelah melahirkan

Dan biasanya, kalau sudah melahirkan di atas 1 tahun, otot-otot bagian tubuh itu sudah menjadi kuat (tidak selembut saat habis melahirkan) sehingga sulit dibentuk jadi ramping.
Baca jugaManfaat massage bagi kesehatan tubuh
Demikian manfaat penggunaan bengkung yang ternyata sangat bermanfaat pasca melahirkan. Mom tertarik berkonsultasi seputar
manfaat bengkung? Silahkan hubungi Andien home care - Perawatan pasca melahirkan di nomor 081214200708 atau silahkan click logo WA di sudut bawah web kami.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat memakai bengkung pasca melahirkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel