Cara menghitung hari perkiraan lahir (HPL) bayi anda

Menanti hari kelahiran bayi merupakan moment yang membahagiakan bagi seorang ibu. Hal ini bisa di ketahui lewat seringnya bunda memantau perkembangan pertumbuhan janin dan di sela konsultasi dengan dokter, tak jarang bunda bertanya ataupun memprediksi tentang hari lahir sang bayi tersebut.
Mengetahui perkiraan si buah hati lahir tentu jadi salah satu faktor yang membuat mental bunda jadi lebih stabil karena meski cuma estimasi, tetapi informasi yang di berikan dokter/bidan akan cukup memberikan efek lega dan nyaman dihati bunda.
Cara menghitung hari perkiraan lahir (HPL) bayi
Ilustrasi gbr by Pexels

Setelah kemarin bunda membaca artikel tentang manfaat memakai bengkung, maka kali ini saya akan mengajak bunda untuk mengetahui beberapa metode untuk mengetahui prediksi kelahiran bayi sehingga dengan begitu, bunda dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.

Mengetahui hari kelahiran bayi bisa dilakukan dengan berbagai metode dan berikut 3 cara yang bisa bunda ketahui lewat artikel ini:

1. Mengetahui HPL dengan USG

Untuk mengetahui hari perkiran lahir (HPL) yang akurat, metode USG ini dianjurkan bagi bunda yang tidak memiliki riwayat keguguran atau komplikasi kehamilan yang dalam pemeriksaan fisik sebelumnya sudah dinyatakan bisa memengaruhi hari perkiraan lahir bayi. Selain itu, faktor siklus haid dan usia juga bisa mempengaruhi keakuratan HPL jika bunda berusia diatas 35 tahun. Lewat metode USG, Dokter akan dapat melihat perkembangan bayi dengan lebih baik, mendeteksi detak jantung janin sehingga penghitungan HPL bisa lebih akurat dari metode apapun.
Bunda mungkin bertanya,"kapan sebaiknya USG dilakukan..?"
USG dapat dilakukan sejak minggu ke-5 atau ke-6 setelah haid terakhir ibu, atau bisa juga di minggu ke-8 sampai minggu ke-18 usia kehamilan. Jangka waktu ini adalah masa terbaik untuk menghitung HPL dengan USG. Sebelum 8 minggu, pertumbuhan bayi masih sulit diukur. Sementara setelah minggu ke-18, perkembangan bayi mungkin akan berbeda-beda sesuai tahapannya masing-masing, namun hal ini normal.

Tips.

Sampaikan kapan bunda terakhir haid karena estimasi HPL akan semakin baik jika dokter dapat menggunakan tanggal haid terakhir dan USG. Dengan dua informasi tersebut, dokter dapat menentukan kapan bayi akan lahir dengan akurasi terbaik.

2. Mengetahui HPL lewat rumus manual.

Cara ini sangat sederhana namun pada kenyataannya sering dipakai sebelum teknologi USG di terapkan oleh instasi kesehatan.
Caranya adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama menstruasi terakhir atau biasa disebut Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnya.
Sederhananya, gunakan rumus ini:

  • Tanggal haid terakhir +7 = perkiraan tanggal kelahiran
  • Bulan haid terakhir – 3 = perkiraan bulan kelahiran
  • Untuk bulan Januari, Februari, Maret, bulan haid terakhir +9.

Cara menghitung hari perkiraan lahir (HPL) bayi dengan rumus manual
Kalender kehamilan - Ilustrasi by Pexels
Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi tiga, seperti Januari, Februari dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tetapi tahunnya tidak ditambah.

Misal, jika  HPTP bunda adalah tanggal 15 Oktober 2018 (25 – 10 – 2015), maka HPL-nya adalah (15+7) – (10-3) – (2018+1) atau 22 – 7 -2019. Tanggal tersebut adalah perkiraan, tanggal kelahirannya sendiri bisa lebih cepat atau lebih lama selama 7 hari.
Sumber: https://id.theasianparent.com/cara-menghitung-usia-kehamilan

3. Mengetahui HPL dengan kalkulator daring

Bunda suka browsing di google? sekarang sudah ada lho kalkulator HPL yang bisa bunda coba untuk mengetahui prediksi HPL tersebut. Berikut kalkulator daring yang bisa bunda kunjungi.

  • Yang sederhana Web MD.
  • Untuk memantau kehamilan silahkan buka What to Expect.
  • Untuk memantau kehamilan dan fakta-fakta kehamilan silahkan kunjungi Baby Center.

Dengan berdasarkan pada tanggal hari pertama haid terakhir,
bunda bisa mengetahui HPL lewat kalkulator tersebut namun meski bisa terprediksi, bunda harus tetap mengunjungi dokter.
Ini penting karena pada akhirnya, hanya dokter-lah yang dapat memberi gambaran jelas tentang apakah perhitungan tersebut sudah benar dan kapan bayi bunda semestinya akan lahir.

Itulah 3 metode untuk bisa mengetahui hari perkiraan lahir (HPL) yang bisa bunda coba. Untuk bunda yang ingin ber-konsultasi tentang kehamilan atau ingin mendapatkan layanan perawatan pasca melahirkan, jangan segan untuk menghubungi kami - Andien Home Care  - yang hadir dengan layanan perawatan seperti :
  • Perawatan pasca melahirkan
  • Paket perawatan pra nikah
  • Massage bayi dan remaja putri
Untuk hubungi kami, silahkan contact di 081214200708 atau langsung saja click logo WA di bawah situs ini. Trims semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara menghitung hari perkiraan lahir (HPL) bayi anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel